TUGAS PENGANTAR BISNIS : BAURAN PEMASARAN
BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
“Marketing
Mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its
marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997), atau yang memiliki arti “Bauran Pemasaran adalah kumpulan dari
variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu
badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.”. Dalam Bauran
Pemasaran terdapat strategi yaitu 5P dan 7P.
Referensi :
-
http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2010/01/konsep-bauran-pemasaran-marketing-mix.html (Pengertian Bauran Pemasaran, diakses pada 05/11/2017)
Apa itu 5P dan 7P? 5P dan 7P adalah 5P adalah taktik marketing yang dapat digunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market. 5P terdiri dari Product (Produk), Price (Harga ), Promotion (Promosi), Place (Tempat), dan People (Orang). Sedangkan pada strategi 7P hanya ditambahkan 2 strategi dari strategi 5P, yaitu Process (Proses) dan Physical evidence (Lingkungan fisik).
a.
5P
5P merupakan strategi dalam Bauran Pemasaran
yang biasanya digunakan pada pasar konvensional. Pasar Konvensional adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual
pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. 5P terdiri dari
:
· Product (Produk)
Product disini
mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan
didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat
memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan
atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and
development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
· Price (Harga )
Price
berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan
mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien
Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya
lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya
juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
· Promotion (Promosi)
Aktivitas
promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik
penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut
disebut sebagai taktik marketing.
· Place (Tempat)
Place adalah
dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan.
Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat
penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan mudah.
Jika Anda baru
memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama
taktik marketing Anda.
· People (Orang)
People mengacu
pada staff dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda
sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telah
membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda
juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan
menyebarluaskan servis unggul Anda.
Referensi:
-
http://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ (
Pengertian dan Penjelasan 5P, diakses pada 05/11/2017)
-
http://irulblogz.blogspot.co.id/2010/05/pasar-konvensional-vs-pasar-moderen.html
(Pengertian Pasar Konvensional, diakses pada 05/11/2017)
b.
7P
7P merupakan strategi dalam Bauran Pemasaran yang biasa
digunakan pada pasar E-Commerce. E-Commerce (Pasar Elektronik) adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
Strategi pada 7P hampir sama dengan 5P, bedanya ada dua strategi yang ditambahkan
pada strategi 7P, yaitu :
·
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses
penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa
adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality
assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan
sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi,
berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Pengelola usaha
melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk
tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk,
credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image
perusahaan.
·
Physical evidence (Lingkungan
fisik)
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter .
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system,
dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi
mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan
ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan
nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa
dengan kelas market khusus.
Referensi :
-
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
(Pengertian E Commerce, diakses pada 05/11/2017)
-
http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html
(Penjelasan 7P, diakses pada 05/11/2017)
DIAKSES PADA TANGGAL : 05/11/2017
Komentar
Posting Komentar