TUGAS PENGANTAR BISNIS : BAURAN PEMASARAN

BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Marketing Mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997), atau yang memiliki arti “Bauran Pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.”. Dalam Bauran Pemasaran terdapat strategi yaitu 5P dan 7P.

Referensi :
-           http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2010/01/konsep-bauran-pemasaran-marketing-mix.html (Pengertian Bauran Pemasaran, diakses pada 05/11/2017)


Apa itu 5P dan 7P? 5P dan 7P adalah 5P adalah taktik marketing yang dapat digunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market. 5P terdiri dari Product (Produk), Price (Harga ), Promotion (Promosi), Place (Tempat), dan People (Orang). Sedangkan pada strategi 7P hanya ditambahkan 2 strategi dari strategi 5P, yaitu Process (Proses) dan Physical evidence (Lingkungan fisik).


a.     5P
5P merupakan strategi dalam Bauran Pemasaran yang biasanya digunakan pada pasar konvensional. Pasar Konvensional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. 5P terdiri dari :
·        Product (Produk)
Product disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
·        Price (Harga )
Price berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
·        Promotion (Promosi)
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.
·        Place (Tempat)
Place adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan mudah.
Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.
·        People (Orang)
People mengacu pada staff dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda.      

Referensi:
-          http://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ ( Pengertian dan Penjelasan 5P, diakses pada 05/11/2017)
-          http://irulblogz.blogspot.co.id/2010/05/pasar-konvensional-vs-pasar-moderen.html (Pengertian Pasar Konvensional, diakses pada 05/11/2017)


b.     7P
7P merupakan strategi dalam Bauran Pemasaran yang biasa digunakan pada pasar E-Commerce. E-Commerce (Pasar Elektronik) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Strategi pada 7P hampir sama dengan 5P, bedanya ada dua strategi yang ditambahkan pada strategi 7P, yaitu :
·         Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.
·         Physical evidence (Lingkungan fisik)
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.

Referensi :
-          https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik (Pengertian E Commerce, diakses pada 05/11/2017)
-          http://www.academia.edu/9050100/Bauran_Pemasaran_7P_ ( Penjelasan 7P, diakses pada 05/11/2017)
-          http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html (Penjelasan 7P, diakses pada 05/11/2017)


DIAKSES PADA TANGGAL : 05/11/2017


Komentar

Postingan Populer