PEREKONOMIAN INDONESI : RANGKUMAN PERTANYAAN DAN JAWABAN 1


RANGKUMAN PERTANYAAN UNTUK KELOMPOK 1 DAN JAWABANNYA


1.       Pertanyaan dari Kelompok  3
Mengapa SDA di Indonesia banyak dikelola oleh pihak  asing dan mengapa pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan apapun untuk hal ini?
Jawab : Karena Indonesia belum mampu mengelola SDA, maka dari itu SDA di Indonesia di kelola oleh pihak asing. Menteri juga telah mengeluarkan peraturan yang isinya, perusahaan asing harus bisa memberikan keuntungan untuk Indonesia, jadi dari pada SDA kita tidak digunakan sama sekali dan tidak menghasilkan untung apapun, maka pemerintah memperbolehkan pihak asing mengelola SDA di Indonesia dengan perjanjian kita juga mendapatkan untung.

2.       Pertanyaan Kelompok 6
Bagaimana solusinya jika perusahaan telah membeli sebidang tanah dan ingin membangun proyeknya di lahan tersebut, tapi ternyata di lahan tersebut tumbuh pohon langka?
Jawab : Dengan memindahkan pohon langka tersebut atau proyek tidak jadi dibangun di lahan tersebut. Karena ada peraturan dari pemerintah untuk tidak membunuh hewan langka atau menebang tumbuhan langka. Tapi jika pohon langka tersebut hanya berjumlah satu atau dua pohon saja, mungkin bisa meminta izin kepada pemerintah untuk menebangnya.

3.       Pertanyaa Kelompok 5
Mengelola hutan dengan melibatkan masyarakat, maksudnya bagaimana?
Jawab : Pemerintah mengajak masyarakat untuk berkonstribusi dalam mengelola hutan, karena                        dengan mengelola hutan masyarakat juga bisa mendapat keuntungan. Contohnya,  mengajak                warga untuk bekerja sama dengan pemerintah dan hasil hutannya bisa dibagi dua.


RANGKUMAN PERTANYAAN DARI KELOMPOK 1 DAN JAWABANNYA


1.       Pertanyaan untuk Kelompok 2
Apakah ada cara untuk menghindari kebakaran hutan ?
Jawab :
 -          Mengawasi titik rawan kebakaran hutan
 -          Melakukan patrol pada hutan yang rawan
 -          Mempersiapkan pemadam kebakaran
 -          Memasang alarm di pos-pos yang telah disediakan
 -          Siap siaga

2.       Pertanyaan untuk Kelompok 3
Apa solusi dari kelompok anda tentang pengelolaan SDA ?
Jawab : Dengan menghindari penebangan hutan agar generasi berikutnya bisa menikmati   hasil hutan tersebut. Kita harus sadar bahwa SDA itu penting untuk kita sehingga kita   harus menjaganya. Contohnya dari hal yang terkecil seperti buah sampah pada   tempatnya.

3.       Pertanyaan untuk Kelompok 4
Mengapa Indonesia memiliki SDA yang melimpah ?
Jawab :
  -          Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan  tinggi yang membuat       tumbuhan tumbuh subur
  -          Memiliki banyak pegunungan yang kaya akan mineral
  -          Memiliki perairan yang luas yang kaya akan hewan laut

4.       Pertanyaan untuk Kelompok 5
Seberapa jauhkan tindakan pemerintah mengawasi kelautan ?
Jawab : Dengan pemeriksaan setiap kapal perikanan untuk mengurangi adany nelayan asing  atau adanya illegal fishing. Pada Pasal 69 ayat (4) dalam undang-undang      No. 45  Tahun 2009 tentang Perikanan memiliki serangkaian paying hokum terkait penegakan  hokum terhadap illegal fishing, salah satunya adalah dimungkinkannya dilakukan penenggelaman kapal yang terbukti melakukan penangkapan ikan tanpa izin.

5.       Pertanyaan untuk Kelompok 6
Apa tanggapan kalian tetang kebakaran hutan di Riau ?
Jawab : Rata-rata hutan yang terbakar adalah hutan gambut yang memiliki kandungan tanah dan air `               yang banyak, seperti halnya kebakaran hutan di Riau. Kebakaran tersebut terjadi karena                       banyak perusahaan yang membuat irigasi secara illegal dihutan gambut sehingga air yang                   ada dihutan tersebut menjadi kering dan mudah terbaka dan perusahaa-perusahaan yang                       diketahui membuat irigasi tersebut sudah diketahui ada 7 perusahaan.

DIAKSES PADA 11 MEI 2018

Komentar

Postingan Populer